Minggu, 16 Oktober 2016

Pengantar Bisnis

  Tugas 2 : Trend Bisnis Online Marketing

PENGANTAR BISNIS

NAMA  :
ANUGRAH RIMBIT W

NPM      :
20216975
KELAS    :
1EB14

DOSEN PEMBIMBING    :
FITRIA, SE

UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017






KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah  ini guna memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan soft skill dalam jurusan akuntansi.
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
            Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan karya tulis ini.
            Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
Depok, Oktober 2016
                                                                                                                                                    
                                                                                                                                                      Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………........
DAFTAR ISI ……………...…………………..…….........
BAB I.PENDAHULUAN…………..................................
1.1       Latar Belakang …………………………….
1.2       Rumusan Masalah ………………………
1.3       Tujuan Penulisan  ……………………….
1.4       Manfaat Penulisan ……….……….....
1.5       Metodologi Penulisan …………….......
BAB II. ISI ……………………………………......
                        2.1       Pengertian Internet Marketing…...
                        2.2      Manfaat Internet Marketing ……
                        2.3      Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing…….......
                        2.4      Tujuan Internet Marketing...................
                        2.5      Bentuk Model Internet Marketing   ....
BAB III. PENUTUP………………………………….....
                         Kesimpulan………………………………......
            DAFTAR PUSTAKA …………………………….......


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
       
          Dewasa ini, di jaman modern yang sekarang ini, Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunnya. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.  Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini.  Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
          Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu,  tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja. Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar., foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia. 
 
1.2 Rumusan Masalah 
        Rumusan masalah dalam pembahasan makalah ini adalah:
        1.2.1 Pengertian internet marketing
        1.2.2 Manfaat internet marketing
        1.2.3 Kelebihan dan kekurangan internet marketing
        1.2.4 Tujuan internet marketing
        1.2.5 Bentuk model internet marketing  

1.3 Tujuan Penulisan
        1.3.1 Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan softskill 
       1.3.2  Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai materi pengantar bisnis

1.4 Manfaat Penulisan 
        Manfaat penulisan dalam penulisan makalah ini adalah : 
       1.4.1 Agar mahasiswa mengenal dan memahami dunia bisnis 
       1.4.2 Agar menambah wawasan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai bisnis
 
1.5 Metodologi Penulisan
     Untuk mempermudah dan membantu kelancaran penulisan yang dilaksanakan, maka penulis menggunakan metode kepustakaan, yakni  
      a.      Penulis juga mencari sumber lainnya melalui situs-situs internet.
 
 
BAB II
ISI
 
2.1 Pengertian Internet Marketing
      Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.
 
 2.2 Manfaat Internet Marketing 
       1. Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
       2. Menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan sampaike manca negara   
       3. Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya. 
       4. Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email 
        Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.
 
2.3 Kelebihan dan KekuranganInternet Marketing
      Kelebihan Pemasaran Online
  1. Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.
  2. Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis serta nasional. Anda bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.
  3. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.
  4. Internet memungkinkan Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara real time. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli produk Anda. Selain itu, internet juga memungkinkan Anda untuk bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa Anda bisa mengirimkan newsletter kepada setiap pelanggan.
  5. Internet marketing dapat memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan umpan balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan Anda tahu tentang pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan layanan atau tidak.
  6. Internet marketing atau pemasaran online juga bisa menghemat waktu. Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya.
  7. Internet marketing juga memungkinkan bisnis yanga Anda jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Kekurangan Pemasaran Online

  1. Meskipun jangkauan untuk pemasaran online sangat luas, namun biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya perangkat lunak yang diperlukan dan hardware serta biaya untuk pemeliharaan.
  2. Masih banyak para pelanggan yang menggunakan media tersebut hanyta untuk memiliki informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih untuk membelinya secar offline.
  3. Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet sehingga hal itu bisa menyebabkan Anda kehilangan para pelanggan.
  4. Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online. Semua itu pastinya membutuhkan suatu perhatian konstan dan pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang Anda jalankan tidak terlihat out of date.
  5. Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat di situs-situs asli dan mereka merampok uang para pelanggan. Spamming juga menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan dengan mudah dicuri oleh hacker.
  6. Pemasaran online tidak mempunyai sentuhan manusia secara langsung saat pelanggan membeli produk. Hal itu tentu saja akan menghambat prospek membangun hubungan yang memainkan peranan penting di dalam penjualan konstan.
  7. Pemasaran online sangat bergantung pada teknoligi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis.
Meskipun ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi dengan pemasaran online, namun waktu merupakan hal yang terpenting untuk menjawab semua tantangan sehingga internet marketing telah benar-benar bermanfaat bagi semuanya.

2.4 Tujuan Internet Marketing 
       1. Meningkatkan penjualan
       2. Mengenalkan wesite
       3. Website sebagai pemasaran
       4. Membangun brand
       5. Membangun bisnis dengan pencarian lokal

2.5 Bentuk Model Internet Marketing
    • Affiliate Marketing

Ini merupakan model bisnis IM yang paling mudah untuk diterjuni oleh para newbie karena pada dasarnya dalam bisnis ini, Anda hanya berperan sebagai perantara atau makelar untuk menjualkan produk orang lain dengan imbalan komisi. Semuanya dilakukan secara online mulai mendatangkan trafik hingga proses order dan pengiriman produk.
Anda hanya cukup menggunakan link tracking atau biasa disebut affiliate link dari pemilik produk untuk melacak statistik penjualan dan komisi yang Anda hasilkan.
Cara mudah pemasaran adalah dengan sosial media atau afiliasi menggunakan blog.
Jika ada penjualan terjadi atas referensi Anda menggunakan link affiliate ini, maka otomatis Anda akan mendapatkan komisi yang biasanya diatur dalam presentasi misalnya, 50% atau 60% dari total nominal transaksinya.
Banyak para internet marketer yang sudah menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta dari affiliate marketing ini setiap tahunnya.


  • Product Creation

Ini adalah Anda sebagai pembuat atau pemilik produk khususnya produk digital. Produk digital ini bisa berupa ebook, tool, sistem dll. Dalam model bisnis ini Anda berperan sebagai seller.
Ini adalah langkah lanjutan dari affiliate marketing, hanya saja ini tidak semudah seperti menjualkan produk orang lain. Untuk menciptakan sebuah produk, Anda harus melakukan riset Market dan membuat produk itu sendiri, Anda juga harus membuat sistem penjualan onlinenya dan juga bertanggung jawab melayani Customs support.
Akan ada banyak yang harus Anda kerjakan sebagai product owner, namun inilah sebenarnya bisnis yang sesungguhnya ingin Anda lakukan di IM.
  • PPC Publisher

Ini biasanya dilakukan oleh para blogger yang mana mereka ini memiliki blog-blog yang memiliki trafik tinggi kemudian mengikuti sebuah program periklanan seperti Google Adsense untuk menampilkan iklan mereka dengan imbalan komisi dari hasil iklan yang diklik oleh pengunjung blog mereka.
  • Local Business

Ini adalah model bisnis lokal yang sebelumnya hanya dijalankan secara offline dan kemudian dijalankan secara online untuk menjaring calon customer dengan market yang lebih luas di dunia online.
Biasanya berbentuk onlineshop, atau toko online. pemasaran bisa via sosmed, gadget, web, marketplace dll.
  • Website Flipping

Ini adalah model bisnis jual-beli website yang siap pakai. Biasanya website start-up dan juga website yang sudah established dan memiliki revenue. Biasanya dilakukan oleh para webmaster dan Web designer yang profesional dimana mereka menjual web-web yang siap untuk digunakan oleh para pembelinya. Resource dari model bisnis ini adalah Flippa.com.
  • Membership Website

Ini adalah model bisnis yang benar-benar mengutamakan konsistensi update konten atau produk yang bertujuan untuk menghasilkan passive income untuk pemiliknya karena biasanya akan ada pembayaran bulanan atau tahunan. Selain itu biasanya pembayaran rutin ini dilakukan untuk bisa tetap menikmati sebuah layanan atau produk dari penyedianya. Istilah kerennya adalah recurring income atau pendapatan yang berkelanjutan.
Contoh umumnya adalah seperti Anda berlangganan internet itu dimana Anda harus membayar tiap bulannya untuk bisa menikmati akses internet.
  • Joint Venture

Ini adalah bisnis partnership dimana Anda mencari seorang yang ahli khususnya dalam membuat produk digital namun tidak bisa memasarkannya atau tidak memiliki skill IM untuk menjual produknya. Biasanya dengan sistem profit share 50/50.
Model bisnis ini memiliki potensi yang besar karena banyak kreator produk-produk berkualitas namun mereka tidak tahu bagaimana cara memasarkannya dalam internet marketing. Disinilah dibutuhkan skill IM yang sudah Anda miliki dan berperan sebagai ujung tombak penjualan produk mereka.
  • Webinar

Saat ini webinar memang tidak begitu populer di Indonesia. Tapi sudah mulai di gunakan para pelaku IM.
Webinar ini pada dasarnya adalah sebuah seminar online yang mana pesertanya bisa mengikuti seminar online ini dari mana saja termasuk dari rumah saja. Untuk biayanya pun sebenarnya sama saja bahkan ada juga yang gratis tapi memang biasanya ada upsell di dalamnya.
Di negara-negara maju sendiri seperti US, UK, CA, Jepang dan Australia, webinar ini sudah sangat populer diadakan.
Ada kelebihan dan kekurangannya webinar dibanding dengan seminar offline. Kelebihannya adalah, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menuju lokasi terutama jika lokasi seminarnya jauh dari tempat tinggal Anda karena webinar bisa dilakukan dari mana saja selama ada koneksi internet. Kekurangannya adalah terutama di Indonesia adalah karena webinar ini membutuhkan koneksi yang super kenceng.
  • Domaining

Model bisnis ini sebenarnya kurang lebih sama dengan poin kelima sebelumnya, hanya saja di sini bukan website yang dijual melainkan hanya sebuah nama domain.
Pebisnis domaining ini biasanya mengakuisisi nama-nama domain yang langka, brandable atau domain yang memiliki Authority tinggi di mesin pencari Google untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.
  • Service Provider

Ini adalah model bisnis yang sebenarnya sangat profitable karena hampir tidak ada modal uang yang dibutuhkan pada awal memulainya. Jika Anda memiliki skill yang bisa dijual sebagai jasa, maka Anda tinggal menjualnya saja dan mendapatkan profit 100%. Hanya saja memang membutuhkan dedikasi waktu dan energi untuk melakukannya kecuali Anda hanya berperan sebagai perantara atau makelar sebuah jasa.
Contohnya, jika Anda memiliki skill desain graphic menggunakan Photoshop, Anda bisa menjual keahlian Anda ini. Contoh lainnya adalah menjual jasa SEO yang banyak diminati orang untuk menaikkan rangking websitenya di Google
 
BAB III
PENUTUP
 
Kesimpulan
Internet marketing adalah sarana untuk memasarkan produk/jasa lewat internet. Beberapa tahun terakhir ini banyak orang menggunakan Internet Marketing sebagai media untuk mencari uang lewat Internet. Sebagian besar para pelaku bisnis dan perusahan yang melakukan pemasaran produk melalui situs web, blog dan jejaring sosial beralasan karena berkembang pesatnya pengguna jejaring sosial jadi semakin banyak pula yang membeli produk mereka, dan alasan lainnya karena mereka tidak perlu ke kantor untuk menjalankan bisnisnya. 


DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet 
http://bisnisukm.com/kelebihan-dan-kelemahan-sistem-pemasaran-online.html 
https://www.klikmania.net/tujuan-internet-marketing/
http://indoim.com/bentuk-model-bisnis-online-dalam-internet-marketing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar